Kelulusan Siswa Kelas 9

Hari ini, Senin 28 Mei 2018 adalah hari yang dinanti jutaan siswa kelas 9 SMP diseluruh negeri termasuk di SMP Negeri 2 Kendal, hari ini adalah pengumuman kelulusan bagi siswa SM. Hari dimana tercurah segala luapan emosi sebagai akhir dari masa putih abu-abu, hari dimana tangis bahagia karena mendapat kelulusan ataupun tangis duka karena kegagalan.

Jerih payah seluruh warga sekolah selama 3 (tiga) tahun berjuang ditumpahkan pada hari ini. Tradisi dari tahun ke tahun bahwa hari kelulusan identik dengan corat-coret seragam abu-abu putih dan konvoi dengan kendaraan bermotor sudah tidak ada lagi di sekolah terbesar di kabupaten Kendal ini. Tak dipunkiri hari kelulusan bagi siswa adalah puncak kenahagiaan yang tiada terkira, yang biasanya salah satunya diluapkan dengan coret seragam dan berbagai atributnya. Seragam dengan penuh coretan merupakan simbol kebebasan bahwa dia telah melalui masa-masa sulit penuh keterkekangan oleh aturan formal seragam dan tata tertib sekolah yang oleh sebagian orang dipandang sebagai “penjara elit”. Tapi itu tiada terlihat di sekolah mantan RSBI ini, karena acara kelulusan dikemas dengan santun, tertib dan penuh kehangatan dalam balutan keceriaan semua warga.

Ada hal yang luarbiasa pada kelulusan siswa kelas 9 di SMP 2 Kendal tahun ini. Menurut data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) merilis hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sekolah menengah pertama (SMP). Hasilnya, nilai rata-rata UNBK SMP mengalami penurunan.

“Untuk SMP negeri dan swasta, di tahun 2016 dengan jumlah sekolah 890 rata-rata kita 65,05. Tahun 2017 dengan jumlah sekolah yang menggunakan UNBK ada 8.882 rata-rata hasilnya 55,51, sedangkan untuk tahun 2018 dengan jumlah 17.760 sekolah kita mencapai rata-rata 52,96,” kata Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, saat memaparkan hasil UNBK SMP di Perpustakaan Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018). Nah, justru pada saat ditingkat Nasional hasil UNBK turun, para siswa di SMP 2 Kendal justru membuat prestasi luarbiasa dibuktikan dengan rata rata hasil UNBK di sekolah ini mengalami kenaikkan yang cukup signifikan, dari 66,93 pada tahun 2017 naik menjadi 71,15 jauh diatas rata rata UNBK nasional. Tentuanya semua tak lepas dari rahmat Allah SWT serta kerja keras dari seluruh jajaran Dewan guru Tenaga Kependidikan dibawah arahan Kepala Sekolah Bp. Supardi, S.Pd, M.Pd dalam membimbing seluruh siswa.

Pesan untuk seluruh siswa, Kelulusan bukanlah akhir dari masa belajar kita, akan tetapi kelulusan hanyalah sekedar akhir dari babak kehidupan untuk menyambut babak baru yang lebih menantang, babak baru yang levelnya lebih tinggi. Bersiaplah untuk menghadapi kehidupan nyata, bukan kehidupan yang terlindungi dari pagar dan meja sekolah, bukan kehidupan yang hanya sekedar mencari nilai baik agar bernilai baik di mata guru dan orangtua. Bukalah mata anda, dunia nyata akan menguji setiap teori yang telah anda dapatkan di dunia sekolah. Aplikasikanlah ilmu kalian pada dunia pendidikan yang lebih tinggi, dunia yang akan kalian jelang sesudah ini. Entah kemana jalan kita nanti, entah menjadi apakah kita nanti, semua itu berawal dari sebuah KELULUSAN. Sukses untuk anak anak, sukses untuk SPERO JAYA.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kepala Sekolah

Supardi,S.Pd, M.Pd

Video Profil

Banner Terkait