Menyambut Isra M’raj

Renungan Suatu Hari.
Assalamualaikum wr. wb.

Hijrah ‘n mikraj
Ketika Nabi Saw. diIsra’kan, dari masjid al haram menuju masjid al aqsa, melejit ke langit tujuh dan kembali lagi ke Makkah kurang dari satu malam.

Mengapa diperlukan 12 hari hanya untuk perjalanan Makah -Madinah. Nabi Saw meninggalkan Makkah, Senin 1 Rabi’ul awal dan sampai Madinah Kamis 12 Rabi’ul awal

Selama 12 hari menempuh perjalanan, melewati jalan jalan yang tidak biasa dilalui kafilah. Dibimbing seorang guide Abdullah bin Arqats (-non muslim).

Mengapa Nabi mengunakan unta saat hijrah, tidak buraq?, mengapa Beliau bersusah pasah membuat rencana operasional, dan tidak berdoa saja supaya diturunkan mukjizat? Bukankah peristiwa hijrah jauh lebih penting dalam mengubah jalanya sejarah Islam daripada isra’ mikraj.

Isra’ mikraj peristiwa penting, dan itu khusus hanya untuk Nabi. Tak ada perintah kita untuk menirunya. Isra’ mikraj kejadian suprahuman dan supranatural. Hijrah sebaliknya, adalah peristiwa yang harus diikuti oleh seluruh umat Islam. Hijrah sangat manusiawi karena menggunakan cara cara yang manusia.

Termasuk cara ini adalah mempersiapkan cara operasional dan strategis. Lihat bagaimans Nabi melibatkan pemuda untuk menopang gerakannya dengan memperhitungkan resiko yang dihadapi. Dan bagaimana Nabi menggunakan resource person sebagai penunjuk jalan. Dengan hijrah Nabi ingin mengajarkan ke kita bahwa iman dan tawakal tidak cukup untuk menegakkan Islam. Kita memerlukan sains dan teknologi.

Waalaikum salam wr. wb.
Budiana


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kepala Sekolah

Supardi,S.Pd, M.Pd

Video Profil

Banner Terkait